ABSTRAK PENELITIAN R&D
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH LOKAL BERBASIS NILAI-NILAI SULAM KERAWANG GAYO UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER BANGSA SISWA KELAS XI SMA NEGERI DI KABUPATEN BENER MERIAH
Sufandi Iswanto, Warto, Djono
Magister Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret
sufandiiswanto@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) menganalisis bagaimana kondisi bahan ajar sejarah; (2) mendeskripsikan pengembangan bahan ajar sejarah lokal berbasis nilai-nilai sulam kerawang gayo guna meningkatkan karakter bangsa siswa; dan (3) mendeskripsikan keefektifan bahan ajar sejarah lokal berbasis nilai-nilai sulam kerawang gayo dalam meningkatkan karakter bangsa siswa.
Metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dari Borg and Gall digunakan dalam penelitian untuk menghasilkan bahan ajar. Tahap metode mencakup: (1) tahap studi pendahuluan, yakni studi literatur, studi lapangan, dan temuan kebutuhan bahan ajar; (2) tahap pengembangan, meliputi: desain prototype, validasi expert’s judgement, uji coba satu-satu serta revisi, dan uji coba luas; dan (3) tahap uji keefektifan, meliputi: menguji keefektifan dan kelayakan bahan ajar sejarah lokal.
Hasil yang diperoleh: (1) bahan ajar mengacu pada KTSP, terfokus pada satu buku teks tanpa ada pedamping maupun pengembangan bahan ajar, fasilitas sekolah terkait bahan ajar sejarah masih minim, kurang memberikan materi tentang pendidikan karakter, dan guru terlalu mengejar waktu untuk menyelesaikan materi, sehingga perlu adanya bahan ajar dengan penekanan pada karakter bangsa; (2) bahan ajar sejarah lokal yang disusun berdasarkan enam komponen yang ditentukan, Silabus dan RPP, validasi tiga pakar memberikan nilai skor rata-rata 5 dengan kategori “sangat baik”, uji coba satu-satu dilakukan pada 5 siswa dan 13 siswa dengan nilai skor rata-rata 4,4 dengan kategori “sangat baik”, revisi yang hanya sebatas format penulisan; hasil uji coba luas menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata antara kelompok eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelompok kontrol baik dari prestasi maupun sikap karakter bangsa; dan (3) penerapan bahan ajar sejarah lokal berbasis nilai-nilai sulam kerawang gayo guna meningkatkan karakter bangsa terbukti efektif, terbukti dari nilai post test pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, untuk hasil prestasi sebesar 0.005 < 0.025 dan sikap karakter bangsa sebesar 0.005 < 0.025 dengan demikian H0 ditolak jadi ada perbedaan yang positif dan signifikan.
Kata Kunci: Bahan Ajar, Sejarah Lokal, Nilai Sulam Kerawang Gayo, Karakter Bangsa.
Komentar
Posting Komentar